Cara Konfigurasi Kotlin di Android Studio

0
190
cara konfigurasi kotlin di android studio

Hari ini saya bakalan membahas tentang cara konfigurasi Kotlin di Android Studio, setelah artikel saya yang membahas mengenai apa itu Kotlin dengan judul Mengenal Kotlin.

Pada kesempatan ini kita akan mempersiapkan Android Studio, disini saya masih menggunakan Android Studio 3.1.3 dan versi terakhir Android Studio pada artikel ini dibuat berada di versi 3.2.1.

Seperti yang kita ketahui dari artikel Mengenal Kotlin yang saya bahas minggu lalu, Kotlin sendiri sudah terintegrasi dengan Android Studio 3.0 sejak Kotlin pertama di release v.1.0 pada Oktober 2017.

Sudah cukup untuk membahas versi ini itu, sekarang saatnya kita mengkonfigurasi Android Studio milik kita. Pastikan kalian mengikuti tahap-tahap yang saya sebutkan.

Cara Konfigurasi Kotlin di Android Studio.

1. Install Plugin

Kita perlu menginstall plugin Kotlin terlebih dahulu, dengan cara buka Android Studio, pada bagian menu barnya terdapat menu File lalu dibuka kemudian pilih Settings.

File > Settings (Ctrl+Alt+S)

maka akan muncul jendela seperti ini.Settings Android Studio

Kemudian klik button Browse repositories, dan pada kolom search kalian bisa mengetikan Kotlin bila muncul banyak pilihan kalian filter lebih lanjut dengan memilih kategori Language seperti gambar dibawah ini.

Repository Kotlin

Berhubung di laptop saya sudah terinstall dan saya juga sudah mengupdate plugin Kotlin saya ke v1.3.11-release-Studio3.1-1, maka tidak ada tombol update ataupun install, untuk kalian yang belum pernah install plugin Kotlin pasti ada tombol Install dan pastikan setelah klik tombol Install kalian Mengrestart Android Studionya.

Untuk tahap menambahkan plugin kita sudah beres, selanjutnya kita akan coba bagaimana membuat project Kotlin itu sendiri dan bagaimana cara konversi kode Java ke Kotlin.

2. Membuat Project Kotlin

Sama seperti biasanya ketika ingin membuat project di Android Studio, sebuah jendela akan muncul untuk mengisi nama aplikasi, compay domain dan project location. Namun setelah kalian install plugin Kotlin, akan muncul sebuah checkbox bertulisan Include Kotlin Support.

Kemudian di centang agar project langsung bisa menggunakan bahasa Kotlin dan klik next hingga finish.

Buat project kotlin

Berikut hasil generate projectnya, tidak jauh berbeda struktur projectnya dengan bahasa pemograman Java, hanya saja disini karena kita menggunakan bahasa Kotlin maka file activity yang di generate akan berakhiran .kt untuk menunjukan bahwa file tersebut ditulis dengan bahasa pemograman Kotlin.

Project dengan Kotlin

Terlihat jelas bahwa kode activity yang di generate hampir mirip dengan kode dalam bahasa Java, hanya saja berbeda dari segi bahasa saja.

3. Menambahkan Kotlin di project yang sudah dikembangkan dengan bahasa Java

Sebelumnya diatas saya menjelaskan bagaimana membuat project baru dengan bahasa kotlin, nah di poin ini saya akan bahas gimana menambahkan Kotlin ke project yang sudah ada yang menggunakan bahasa Java pada saat pengembangannya.

Pastikan kalian sudah menginstall plugin terlebih dahulu, bisa dilihat di poin 1. Kemudian buka project Java kalian, disini saya menggunakan project baru saja, dibuat dengan bahasa Java (tanpa checklist include Kotlin support).

3.1. Menambahkan Kotlin secara manual di gradle

Sebelum kita menambahkan Kotlin ke project Java atau mengkonversi kode Java ke Kotlin, kita harus mengkonfigurasi gradle pada project tersebut terlebih dahulu.

Buka struktur project disebelah kanan dan pastikan kita memilih yang android untuk jenis struktur projectnya agar lebih mudah mengikuti tutorial saya disini.

Structur project android

Kemudian terdapat 2 buah build.gradle disini

gradle android studio

kita akan menambahkan versi Kotlin di build.gradle (Project: <nama-project anda>), lalu tambahkan

ext.kotlin_version = '1.3.11'

di dalam buildscript {..} pastikan versinya sama dengan yang terinstall saat menginstall plugin tadi.

Kemudian tambahkan

classpath "org.jetbrains.kotlin:kotlin-gradle-plugin:$kotlin_version"

di dalam builscript{.. depedencies{...} ..} seperti gambar berikut ini.

menambahkan kotlin ke gradle

Kemudian buka build.gradle (Module: app) dan tambahkan kode berikut di bawah apply plugin: 'com.android.application'.

apply plugin: 'kotlin-android'
apply plugin: 'kotlin-android-extensions'

lalu menambahkan

implementation"org.jetbrains.kotlin:kotlin-stdlib-jdk7:$kotlin_version"

dibagian depedencies{...}, maka hasilnya akan seperti berikut dan klik Sync now di pojok kanan atas.

add plugin kotlin to gradle

Setelah Sync selesai, kita akan mencoba mengkonversi satu buah file ke bahasa Kotlin. Disini saya mempunya sebuah activity yang menggunakan bahasa Java dan akan saya ubah menjadi bahasa Kotlin.

activity java

Cara mengubahnya cukup mudah, cukup dengan klik kanan pada nama file pada tab file yang dibuka, lalu pilih Convert Java File to Kotlin File atau menggunakan  hotkey Ctrl+Alt+Shift+K.

konversi java ke kotlin

maka hasilnya akan menjadi seperti ini.

kode hasil konversi java ke kotlin

Oh iya, selain menggunakan hotkey dan klik kanan pada nama file kalian juga bisa menggunakan Find Action untuk mengkonversi kode Java kalian ke Kotlin. Untuk membukan Find Action kalian bisa menekan hotkey Ctrl+Shift+A nanti akan muncul jendala pencarian dan ketikkan “Convert Java File to Kotlin dan pilih, maka file kalian akan berubah menjadi kode dalam bahasa kotlin.

android studio - find action

Sekian pembahasan mengenai cara konfigurasi Kotlin di Android studio, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang berkenalan dengan bahasa Kotlin untuk mengembangkan aplikasi Android secara native, untuk artikel selanjutnya kita akan membahas dasar-dasar di Kotlin seperti type data, conditional, looping menggunakan online compiler sebelum masuk ke pengembangan aplikasi dengan Android Studio.