Cara hosting Laravel di Cpanel

0
1062
Cara hosting laravel di cpanel

Artikel kali ini saya tidak ngebahas kode lagi, kali ini kita hanya belajar cara hosting Laravel di Cpanel.

Saya tertarik membuat artikel ini disebabkan oleh teman-teman yang men-deploy project Laravel mereka ke shared hosting dengan cara yang salah.

Kenapa saya berani mengatakan mereka menggunakan cara yang salah.

  1. Mereka memindahkan semua isi folder /public ke root project.
    karena mereka selalu upload satu project ke dalam /public_html di shared hosting mereka, yang mana bila tidak di pindahkan harus mengakses seperti ini domain.com/public/ dan mereka merasa risih harus mengakses dengan cara tersebut dan memindahkan isi public/ ke root project.
  2. Bila poin pertama di lakukan dengan cara mengupload project Laravel seluruhnya kedalam /public_html, orang lain dapat mengakses file .env yang mana berisikan informasi sangat penting terutama key untuk generate token dan konfigurasi database. Ini salah satu contoh mengerikannya. Bayangin aja jika itu website kalian dan ada orang yang mengacak-acak website kalian karena informasi dari project Laravel kalian terbuka saat .env terbaca.

sample env

Bila kalian salah satu orang yang melakukan hal yang sama seperti teman saya lakukan. Maka kalian harus membaca artikel ini sampai selesai.


Jika kalian biasa membuka file manager pada cpanel atau software ftp, terdapat sebuah folder bernama /public_html dimana file-file didalam folder ini dapat diakses bila kita mengakses domain dan nama file atau routes dari sebuah project.

Namun itu bukan alasan kita untuk menaruh project Laravel kita didalam public_html, tenang kalian tidak sendiri yang merasakan seperti itu, contoh gambar diatas tadi saya ambil secara acak di group Laravel PHP Indonesia, saya sengaja menutupi bagian-bagian penting dari file .env beliau dan domain beliau agar tidak ada salah paham diantara kita.

Selanjutnya kita masuk ke tahap-tahap deploy Laravel ke Hosting.

Tahapan-tahapan cara hosting Laravel

Hal yang perlu kita lakukan jika ingin deploy project Laravel adalah membuat folder sejajar dengan /public_html sebut saja /laravel dimana nanti akan berisi project Laravel kita.

Disini saya tidak menggunakan FileZilla atau software FTP lainnya melainkan langsung ke file manager yang ada di cpanel.

folder cpanel

Setelah membuat folder laravel, upload lah project Laravel kalian yang sudah di zip kan agar nanti tinggal di extract saja.

isi folder laravel

Setelah di extract, bukalah folder project kalian dan masuk ke dalam folder /public pada project kalian. Didalamnya terdapat beberapa file yang akan kita salin (copy) ke folder /public_html.

Salin semua file yang ada didalam folder /public ke folder /public_html dan kita akan melakukan sedikit perubahan pada file index.php yang sudah kita salin ke /public_html.

Ubah code berikut 

require __DIR__.'/../bootstrap/autoload.php';
..
..
..
$app = require_once __DIR__.'/../bootstrap/app.php';

Menjadi seperti berikut ini.

require __DIR__.'/../laravel/marin/bootstrap/autoload.php';
..
..
..
$app = require_once __DIR__.'/../laravel/marin/bootstrap/app.php';

Marin disini adalah nama project laravel yang saya miliki, format aslinya itu seperti ini.

require __DIR__.'/../laravel/<project-name>/bootstrap/autoload.php';
..
..
..
$app = require_once __DIR__.'/../laravel/<project-name>/bootstrap/app.php';

Setelah itu kalian bisa simpan file tersebut dan cobalah untuk menjalankan website via browser kesayangan kalian.

Sekian dulu pembahasan mengenai Cara hosting Laravel di Cpanel bagikan artikel ini bila anda merasa terbantu dan ada teman kalian yang membutuhkannya.